erikut ini akan dipaparkan contoh alat penilaian sederhana:
ASPEK | RUMUSAN TUJUAN | ALAT PENILAIAN |
1. Mendengarkan a. Ranah Kognitif b. Ranah Afektif c. Ranah Psikomotorik | 1. Siswa mampu mengemukakan ide pokok dalam siaran. | 1.1 Apa isi siaran tersebut? 1.2 Sebutkan ide pokok dalam siaran yang anda dengar! |
2. Siswa dapat memberikan tanggapan terhadap isi berita yang disampaikan dalam siaran televisi. | 2.1 Buatlah pertanyaan yang berkaitan dengan berita yang anda dengar! 2.2 Bagaimana tanggapan anda terhadap isi berita tersebut? | |
3. Siswa dapat mengelompokkan berita yang sudah didengar berdasarkan jenisnya. | 3.1 Kelompokan berita yang anda dengar berdasarkan jenisnya! 3.2 Siswa dapat mengidentifikasikan masalah yang terdapat dalam berita! | |
2. Berbicara a. Ranah Kognitif b. Ranah Afektif c. Ranah Psikomotorik | 1. Siswa mampu menceritakan pengalaman dengan pilihan kata yang tepat. | 1.1 Ceritakan pengalaman anda di depan kelas dengan pilihan kata yang tepat! 1.2 Tulislah pengalaman anda kemudian kumpulkan! |
2. Siswa mampu menceritakan pengalaman dengan ekspresi yang tepat. | 2.1 Ceritakan pengalaman anda di depan kelas dengan ekspresi yang tepat! 2.2 Kemukakan pendapat anda terhadap ekspresi teman anda pada saat menceritakan pengalamannya didepan kelas! | |
3. Siswa mampu menceritakan pengalaman dengan gerak tubuh yang tepat. | 3.1 Ceritakan pengalaman anda di depan kelas dengan gerak tubuh yang tepat! 3.2 Buatlah pengalaman anda ke dalam bentuk cerita! |
ASPEK | RUMUSAN TUJUAN | ALAT PENILAIAN |
3. Membaca a. Ranah Kognitif b. Ranah Afektif c. Ranah Psikomotorik | 1. Siswa mampu membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit | 1.1 Hitunglah kecepatan membaca anda! 1.2 Tentukan ide pokok dalam bacaan yang anda baca! |
2. Siswa mampu mendiskusikan ide pokok dan ringkasan isi bacaan. | 2.1 Diskusikanlah dalam kelompok anda mengenai ide pokok dan ringkasaan isi bacaan! 2.2 Laporkan hasil diskusi kelompok anda didepan kelas! | |
3. Siswa mampu mengidentifikasi fakta dan pendapat. | 3.1 Bacalah berita diatas dengan intonasi yang tepat! 3.2 Identifikasikan fakta dan pendapat dari berita diatas! | |
4. Menulis a. Ranah Kognitif b. Ranah Afektif c. Ranah Psikomotorik | 1. Siswa mampu menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami. | 1.1 Tulislah teks pidato berdasarkan kerangka yang telah anda buat! 1.2 Pilihlah topik yang tepat dalam pidato yang hendak anda buat! |
2. Siswa mampu berpidato dengan ekspresi yang tepat. | 2.1 Kemukakan pendapat anda terhadap ekspresi teman anda pada saat berpidato! 2.2 Berpidatolah didepan kelas dengan ekspresi yang tepat! | |
3. Siswa mampu berpidato dengan gerak tubuh yang tepat. | 3.1 Berpidatolah didepan kelas dengan gerak tubuh yang tepat! |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar