Sabtu, 07 Januari 2012

Contoh Alat Penilaian

Alat penilaian adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar peserta didik.
erikut ini akan dipaparkan contoh alat penilaian sederhana:

 
ASPEK
RUMUSAN TUJUAN
ALAT PENILAIAN
1.    Mendengarkan
a.       Ranah Kognitif

b.      Ranah Afektif



c.       Ranah Psikomotorik

1.  Siswa mampu mengemukakan ide pokok dalam siaran.

1.1  Apa isi siaran tersebut?
1.2  Sebutkan ide pokok dalam siaran yang anda dengar!
2.      Siswa dapat memberikan tanggapan terhadap isi berita yang disampaikan dalam siaran televisi.
2.1  Buatlah pertanyaan  yang berkaitan dengan berita yang anda dengar!
2.2  Bagaimana tanggapan anda terhadap isi berita tersebut?
3.      Siswa dapat mengelompokkan berita yang sudah didengar berdasarkan jenisnya.
3.1  Kelompokan berita yang anda dengar berdasarkan jenisnya!
3.2  Siswa dapat mengidentifikasikan masalah yang terdapat dalam berita!
2.    Berbicara
a.    Ranah Kognitif



b.    Ranah Afektif



c.    Ranah Psikomotorik

1.     Siswa mampu menceritakan pengalaman dengan pilihan kata yang tepat.

1.1      Ceritakan pengalaman anda di depan kelas dengan pilihan kata yang tepat!
1.2     Tulislah pengalaman anda kemudian kumpulkan!
2.     Siswa mampu menceritakan pengalaman dengan ekspresi yang tepat.
2.1     Ceritakan pengalaman anda di depan kelas dengan ekspresi yang tepat!
2.2     Kemukakan pendapat anda terhadap ekspresi teman anda pada saat menceritakan pengalamannya didepan kelas!
3.     Siswa mampu menceritakan pengalaman dengan gerak tubuh yang tepat.
3.1     Ceritakan pengalaman anda di depan kelas dengan gerak tubuh yang tepat!
3.2     Buatlah pengalaman anda ke dalam bentuk cerita!

 
ASPEK
RUMUSAN TUJUAN
ALAT PENILAIAN
3.    Membaca
a.    Ranah Kognitif


b.    Ranah Afektif



c.    Ranah Psikomotorik

1.     Siswa mampu membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit

1.1     Hitunglah kecepatan membaca anda!
1.2    Tentukan ide pokok dalam bacaan yang anda baca!
2.    Siswa mampu mendiskusikan ide pokok dan ringkasan isi bacaan.
2.1    Diskusikanlah dalam kelompok anda mengenai ide pokok dan ringkasaan isi bacaan!
2.2    Laporkan hasil diskusi kelompok anda didepan kelas!
3.      Siswa mampu mengidentifikasi  fakta dan pendapat.
3.1  Bacalah berita diatas dengan intonasi yang tepat!
3.2  Identifikasikan fakta dan pendapat dari berita diatas!
4.    Menulis
a.    Ranah Kognitif



b.    Ranah Afektif



c.    Ranah Psikomotorik

1.         Siswa mampu  menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami.

1.1     Tulislah teks pidato berdasarkan kerangka yang telah anda buat!
1.2     Pilihlah topik yang tepat dalam pidato yang hendak anda buat!
2.         Siswa mampu berpidato dengan ekspresi yang tepat.
2.1     Kemukakan pendapat anda terhadap ekspresi teman anda pada saat berpidato!
2.2     Berpidatolah didepan kelas dengan ekspresi yang tepat!
3.         Siswa mampu berpidato dengan gerak tubuh yang tepat.
3.1 Berpidatolah didepan kelas dengan gerak tubuh yang tepat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar